Beli Rumah Untuk Pertama Kalinya? Simak Dulu Tips Berikut Ini



Membeli rumah merupakan salah satu pencapaian terbesar bagi setiap orang. Maklum, jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk membeli rumah tidak sedikit. Tak heran kalau cita-cita ini sering masuk ke dalam daftar resolusi finansial yang paling diidamkan sekaligus paling tampak mustahilnya.

Tunggu dulu, meskipun uang yang dikeluarkan untuk membeli rumah memang tidak sedikit namun bukan berarti anda sulit untuk memiliki rumah sendiri. Berikut ini, InMax telah merangkum beberapa tips yang patut anda pertimbangkan agar dapat membeli rumah pertama dengan harga yang ramah,

- Anda Lajang? Beli Sekarang
Umumnya orang membeli rumah ketika sudah menikah. Padahal, membeli rumah bisa menjadi investasi yang sangat menjanjikan bagi setiap orang, termasuk Anda yang masih lajang. Membeli rumah saat lajang menguntungkan karena harga properti sekarang akan lebih murah ketimbang harga di masa mendatang. Tidak ada kata rugi dalam membeli rumah. Kalau ketika lajang Anda “hanya” bisa membeli rumah di pinggiran kota, jangan khawatir. Di masa mendatang Anda dapat menjual rumah ini untuk membeli rumah kedua yang terletak lebih dekat ke kota.

- Pilih Lokasi yang Tepat
Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai lokasi yang tepat. Perencana keuangan independen Giri Sulandar mengatakan, seseorang akan mempertimbangkan lokasi rumah yang tepat berdasarkan lokasi kerja dan sarana infrastruktur yang tersedia. Hal ini tentu saja dapat membuat anda dapat lebih berhemat untuk ongkos transportasi sehari-hari

- Baru atau Second?
Kebanyakan orang lebih mempertimbangkan untuk membeli rumah baru. Meski demikian, rumah second pun patut dipertimbangkan. Dalam beberapa kasus, hal ini malah bisa sangat menguntungkan. Sebelum membeli rumah second, pastikan dahulu kelengkapan surat-surat rumah dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

- Cari Tahu Lebih Banyak Mengenai KPR
Anda tidak memiliki uang dalam jumlah senilai rumah? Tenang saja, saat ini terdapat banyak program cicilan yang dapat membantu anda. Tapi sebelumnya anda harus banyak mencari tahu. KPR umumnya menawarkan cicilan dengan bunga tetap (fixed rate) dalam beberapa tahun di awal masa kredit sebelum memberlakukan bunga mengambang (floating rate) sesuai dengan bunga pasar. Pastikan kita memilih durasi fixed rate yang sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan kita dalam menyicil. Kemudian, kita juga dapat memilih jangka waktu kredit antara 15 tahun, 20 tahun, atau bahkan sampai 30 tahun, sesuai dengan kemampuan kita membayar cicilan setiap bulan. Anda juga bisa manfaatkan informasi mengenai KPR yang ditawarkan oleh jasa jual-beli property maupun pengembang untuk kemudian dapat dibandingkan. Inforrmasi yang lebih banyak akan memberikan keuntungan dalam memilih jenis cicilan yang lebih memudahkan.

Jadi mau beli sekarang atau nanti?


Source: astralife.co.id

No comments

Powered by Blogger.